Peduli Pendidikan Anak Jalanan, GenBI SulSel Gelar GenBI Aksara

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Deputi Pendidikan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Wilayah Sulawesi Selatan sukses mengadakan kegiatan GenBI Aksara dengan tema “Selangkah Lebih Maju Mencerdaskan Anak Bangsa” pada Sabtu dan Minggu, 8-9 Oktober 2022, yang dilaksanakan di Area Binaan KPAJ Kota Makassar (Kerung-kerung) yang dihadiri oleh para pengurus GenBI Wilayah dan GenBI Komisariat, serta para pengurus Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ).

Dalam laporan Ketua Panitia, Ketua Panitia GenBI Aksara yaitu Armita menyampaikan bahwa kondisi pendidikan di Wilayah Sulawesi Selatan khususnya terkait tingkat literasi yang menjadi urgensi untuk ditangani. Oleh karena itu, GenBI Wilayah Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ) menjembatani hal itu dengan mengadakan kegiatan GenBI Aksara yang dilaksanakan selama dua hari.

Ketua Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ) yaitu Rijal dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada GenBI Wilayah Sulawesi Selatan yang telah mengadakan kegiatan GenBI Aksara. Ketua KPAJ juga berharap kegiatan ini bukan dilaksanakan hanya sekedar untuk menjalankan program kerja akan tetapi untuk memanusiakan manusia dengan memberikan banyak ilmu kepada anak-anak di Area Binaan Kerung-kerung.

Selain itu, Ketua GenBI Wilayah Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Ketua Deputi Internal yaitu Aswar Arafah, dalam sambutannya berharap agar ilmu yang disampaikan oleh pengurus GenBI Wilayah Sulawesi Selatan dapat diterima dengan baik karena anak-anak di Area Binaan Kerung-kerung nantinya akan menjadi penerus bangsa. 

Pada hari pertama yaitu Sabtu, 8 Oktober 2022, rangkaian kegiatan GenBI Aksara terdiri dari pembelajaran literasi 1 yaitu memperkenalkan huruf, memperkenalkan angka, membaca kata dan kalimat, serta memperkenalkan planet tata surya. Kemudian dilanjut dengan kegiatan ice breaking berupa games tebak kata dan ditutup dengan pembelajaran literasi 2 yaitu memperkenalkan pecahan uang baru, dan memperkenalkan pahlawan yang ada di mata uang. 

Pada hari kedua yaitu Minggu, 9 Oktober 2022, rangkaian kegiatan GenBI Aksara tidak kalah serunya dengan hari pertama. Kegiatan diawali dengan pembelajaran literasi 3 yaitu memperkenalkan huruf hijaiyah dan memperbaiki bacaan tajwid serta pelafalan huruf hijaiyah dan melakukan review materi yang telah diajarkan pada hari pertama. Kemudian mengadakan kegiatan lomba yaitu lomba melengkapi huruf dan angka, lomba menyusun kata, lomba menghitung, lomba menebak pahlawan di uang rupiah, dan lomba menyebutkan nama dan ciri planet melalui lagu.(rilis)